-->

Nature of Communication-ilustrated

postingan ini merupakan lanjutan dari pada postingan sebelumnya Komunikasi Interpesonal - Asumsi Tentang Komunikasi. selamat datang kembali di postingan saya kali ini.
perlu untuk kamu ketahui bahwa label  adalah pembahasan dari mata kuliah Komunikasi Interpersonal.
nah kita lanjut saja kepada artikelnya ya.
nah jika kita berbicara mengenai natur komunikasi itu berarti kita berbicara soal sifat-sifat komunikasi. berikut ulasannya.
Dalam minggu-minggu pertama seorang bayi, ia telah mulai belajar proses komunikasi yang kompleks. Bayi menangis pada saat ingin makan atau perhatian, dan mereka langsung belajar dengan cepat bahwa dengan menangis adalah cara untuk mengontrol lingkungannya. Juga diketahui bahwa di awal-awal hidupnya, bayi-bayi merespon dan dapat membedakan bahasa manusia dengan bentuk-bentuk suara lain. Kemudian seorang anak akan belajar berbicara dan komunikasi  verbal akan ditambahkan kepadanya. Tetapi proses belajar berkomunikasi tidak berhenti di masa kanak-kanak. Setiap orang akan terus belajar kembali dan mendefenisikan kembali arti komunikasi sehingga dapat menyesuaikan dengan perubahan dalam linkungannya. Komunikasi terus berubah, dinamis dalam fungsinya.

Pada saat dikatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses, itu berarti bahwa komunikasi tidak mudah didefinisikan awal dan akhirnya; hal itu sesuatu hal yang dinamis dan tidak pernah statis; pada saat seseorang berhenti pada proses, maka eksisnya berkomunikasi  berhenti. Beberapa natur komunikasi yang penting untuk diketahui adalah:

1. Natur komunikasi adalah transaksi
Apa saja tujuan kita dalam hidup, kita akan lambat laun menemukan pentingnya, keuntungan yang didapat karena berkomunikasi dengan efektif. Jika kita diwawancarai untuk suatu pekerjaan, kita perlu segera keahlian berkomunikasi. Jika akan bertunangan kita perlu komunikasi untuk suatu penerimaan atau suatu penolakan, dll.

2. Natur komunikasi adalah  pemberi pengaruh.
Pepatah kuno berkata, "Jika sebuah pohon tumbang di hutan belantara, apakah ada bunyi yang dibuat? Di dalam perkataan lain, apabila tidak ada orang di sekeliling mendengar bunyinya, maka suara yang dihasilkan tidaklah eksis. Komunikasi verbal dan nonverbal tidak dapat eksis apabila tidak ada yang menerima signal. Segala sesuatu yang dapat ditandai sebagai komunikasi apabila ada dampaknya kepada seseorang.

3. Natur komunikasi adalah personal.
Kata-kata sangatlah penting untuk komunikasi. Kata-kata adalah simbol yang dengannya kita membagikan arti. Tetapi arti  atau berita tidak terdapat pada kata, melainkan dalam orang yang mempergunakan kata-kata tersebut. Jadi karena arti ada dalam diri orang, maka komunikasi adalah personal.

4. Natur komunikasi adalah alat.
Komunikasi adalah alat yang dipergunakan oleh manusia untuk mencapai apa yang diinginkan. Komunikasi berfungsi sebagai instrumen di mana manusia dapat mengontrol lingkungannya. Manusia dapat mempergunakan komunikasi untuk tujuan yang bermacam-macam.

dari beberapa penjelasan diatas sudah jelas, nah sekarang saya mengutip mengenai natur komunikasi dari thebusinesscommunication.com yang juga cukup jelas dan mendukung dan sebagai tambahan yang cukup baik dari apa yang saya tuliskan, berikut penjelasannya.

1. Komunikasi terkait dengan aktivitas manusia: Pertukaran komunikasi sebenarnya terkait langsung dengan setiap bola manusia seumur hidup. Hal ini diperlukan dalam beberapa jenis kehidupan manusia substansial. Mengambil kesenangan dalam hidup yang tenang, memperoleh interaksi orang-ke-orang, menciptakan titik berkembang dan seterusnya. Tidak mungkin tanpa pertukaran komunikasi.

2. Komunikasi melibatkan dua pihak atau lebih: Paling tidak, dua pihak terlibat dalam hampir semua proses pertukaran komunikasi. Pihak ini justru yang mengkomunikasikan informasi yang dikenal sebagai pengirim dan pihak yang persis yang diberikan dengan info yang dikenal sebagai perangkat. Meski begitu dalam beberapa contoh semacam pengirim dapat mengirim pesan untuk Anda ke banyak penerima.

3. Komunikasi bisa satu arah atau mungkin proses dua arah: Komunikasi mungkin mengambil desain yang melibatkan proses dua arah atau mungkin satu arah. Dengan komunikasi dua arah, penerima mengirimkan umpan baliknya kepada pengirim setelah menerima pesan. Komunikasi satu arah berarti Anda bergerak yang melibatkan pengirim gaya informasi agar hanya dapat menerima. Dalam alat komunikasi tertentu ini penerima tidak menunjukkan reaksinya terhadap pengirim Anda.

4. Keberhasilan komunikasi tergantung pada pemahaman yang tepat dari pihak-pihak yang terlibat: Komunikasi yang kuat terjadi jika penerima Anda merasa konsep Anda, Anda mungkin mengatakan pengirim Anda memposting ide. Jika penerima tidak mengirimkan reaksinya ke pengirim Anda, pengirim Anda tidak akan sepenuhnya memahami pandangan penerima Anda. Dalam hal ini, komunikasi Anda akan menjadi tidak memadai. Sebagai hasilnya, untuk membuat komunikasi Anda makmur, kedua pengirim dan penerima mengetahui dampak-dampak sampingan Anda yang berbeda.

5. Percakapan dalam aliran organisasi dalam berbagai gaya: Dengan organisasi, arus informasi dalam berbagai rekomendasi, misalnya arah ke atas, jalan menurun, jalan horisontal dan banyak lainnya.

nah dari penjelasan-penjelasan diatas maka secara alami komunikasi tidak akan pernah hilang daripada manusia, termasuk makhluk hidup tentu inilah yang membuat kita agar giat untuk belajar mengenai komunikasi

Judul Komunikasi Interpersonal: Natur/Sifat Proses Komunikasi
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top