-->

Domain merupakan sebuah alamat/nama unique pada sebuah situs, setiap domain memiliki IP adress dari server. Dan hanya ada 1 nama domain untuk satu website! Untuk membangun sebuah situs kita perlu membuat konsep awal yang tepat untuk website kita, konsep awal terpenting itu adalah pemilihan nama domain. Memilih nama domain itu harus kompleks sesuai yang anda inginkan.


1. Beli Domain Dari Registrar Terpercaya
Sebelum bertindak untuk mengorder sebuah domain anda harus mengetahui dulu registrar mana yang terpercaya pelayannya dalam penyewaan sebuah domain. haribisnis.com merekomendasikan register terpercaya untuk mendaftarkan domain di GoDaddy.com, dan pengalaman saya membeli domain di namecheap.com juga sangat nyaman serta layanan dan metode pembayaran yang sangat mudah. Hanya dengan menggunakan akun paypal unverified pun bisa di namecheap serta bonus 5 email bisnis.

2. Menyewa Domain TLD (Top Level Domain)
Domain TLD merupakan domain yang populer dan mudah diingat serta mendapat perhatian besar untuk google dan sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin menjadi publisher Adsense. Domain TLD seperti .Com .Net .Org .Co.id .Web.id dan sebagainya.

3. Memilih Domain Sesuai Nama atau Bisnis Anda
Membuat domain tidak perlu susah-susah, anda bisa menggunakan nama anda sendiri atau nama yang sesuai dengan jenis bisnis atau kategori produk ataupun niche blog anda supaya lebih kompleks. Misalnya jika situs anda bertemakan berita aldonews.com, ataupun terang-terangan seperti haribisnis.com.

4. Mudah Untuk Diingat
Domain yang mudah diingat itu penting supaya pengunjung mudah mengingat domain tersebut tanpa di bookmark pengunjung tetap mudah mengingat situs anda. Untuk itu buat domain dengan jumlah 6-12 karakter saja serta dengan bahasa dan kata yang unik.

5. Tidak Mengandung SARA dan P0rn
Domain seperti ini akan di blacklist oleh google search engine, serta anda akan merusak image website dan anda pula karena dianggap sebagai citra diri anda. Blog anda akhirnya sulit untuk mendapatkan pembaca.

6. Tanpa Tambahan Kata/ Karakter Yang Tidak Penting
Anda cukup membuat domain dengan kata inti yang luas saja, jangan pula menambah angka atau karakter khusus karena domain sejenis ini terlihat sukar dan sulit pula untuk dihapal dan juga mempengaruhi SEO di blog anda. Namun, jika memang domain anda ingin dibuat dengan 2 suku kata, gunakan saja dengan (-) minus. Contoh cara-terbaru.com

7. Tak Ada Kaitan atau Mirip Dengan Merek Dagang
Sangat banyak situs yang menggunakan domain seperti ini. Dan anda harus tahu, cara tersebut dibuat supaya mendapat perhatian khusus para pengunjung yang menyukai website atau merek dagang tertentu. Dan hal ini tidak baik untuk dilakukan, karena sekarang netizen sudah pada pandai tentang teknologi komunikasi pengunjung sudah mengetahui tujuan tersebut. Bukan hanya itu pemilik merek juga tidak akan tinggal diam dengan misalnya jika kita membuat website khusus untuk promosi produk publisher amazon yang menggunakan domain mirip dengan amazon.com maka anda akan dipecat dari status publisher.

Nah, intinya buatlah dengan keunikan anda sendiri!

Judul 7 Tips Terbaik Memilih Domain Untuk Website Anda
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top