-->

Selamat datang di blog sederhana ini.
Waktu dalam arti harfiah adalah masa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1997) waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. Dalam hal ini, skala waktu merupakan interval antara dua buah keadaan/kejadian, atau bisa merupakan lama berlangsungnya suatu kejadian.
via brooksgroup.com

Seperti pelajaran di Sekolah yang kita pelajari adalah waktu memiliki jangka, masa, durasi dalam setiap saatnya, selama atau selambat apapun semua memiliki waktu. Itulah sehingga dalam sebuah waktu atau jam dihitung mulai dari satuan detik (second), menit (minute), jam (hour) dan jika semakin lama periode atau masanya menjadi hari (day), minggu (week), bulan (month), tahun, dan seterusnya. setiap masa memiliki waktu dan setiap waktu memiliki masa dan itu semua tidak terpisahkan. Karena waktu memang menjadi hakikat kehidupan.

Ada banyak pandangan mengenai waktu dan defenisi/pemahaman orang mengenai waktu. Setiap orang tentu punya pemahaman yang berbeda, setiap orang akan mendefenisikan waktu sesuai dengan bagaimana ia mengelola atau memanajemen dan menggunakan waktu dalam hidupnya.
Nah, waktu memang akan selalu ada, akan tetapi jangan lupa dengan yang namanya masa (masa merupakan periode, kronologi, peristiwa, moment yang dihitung atau ditandai pada waktu kapan terjadinya. Maka orang yang membuang-buang waktu, menyia-nyiakan waktu dengan kegiatan yang tidak berguna tentulah masa yang baik tidak akan ia alami.
Anda pasti mengetahui quote/semboyankan:
"time is money"
merupakan semboyan para pengusaha sukses didunia barat, bagi mereka setiap detik, menit , dan jam adalah berharga dan setiap detik tersebut adalah uang. Jadi kalau mereka menggunakan waktu dengan salah, maka uang akan hilang.
tidak salah jika ada penyataan berkata "orang yang menghargai hidupnya akan sukses kelak!."

Berikut hal-hal sederhana yang dapat kita kurangi/selidiki dari kebiasaan kita untuk menggunakan waktu yang lebih baik:

1. Kurangi bermain game jika tidak bermanfaat: Game menjadi bermanfaat ketika digunakan sebagai sarana hiburan, menghasilkan uang. Dan jangan bermanin game jika game hanya menghabiskan waktu dengan tidak ada faedahnya. Jika game sudah mulai membuat Anda ketagihan lebih baik tinggalkan. fight!
2. Kurangi bermain-main: Dalam setiap hal sering kali kita bermain-main, kadang tidak cukup untuk mengisi waktu kosong saja. Akan tetapi juga dalam kegiatan penting seperti di ruangan kelas, ditempat ibadah, ditempat perkumpulan, dan lain sebagainya.
3. Gunakan waktu untuk belajar
4. Jangan isi waktu kosong dengan hal-hal yang tidak penting, karena ini salah satu pemicu malas untuk mengerjakan prioritas kita. misalnya kita sebagai pelajar harusnya mengejakan PR malah keluyuran, hehe.
5. Jangan mengisi waktu dengan melakukan hal-hal yang negatif (hayoo)
6. Jika ada tugas, segera diselesaikan
7. Jangan Malas: malas tidak ada obatnya, maka daripada tidur lebih baik duduk, daripada duduk lebih baik berdiri, dari pada berdiri lebih baik berjalan, daripada berjalan lebih baik ambil kegiatan lain.
8. Jangan terlambat: tepat waktu, konsisten.
9. Jika tidak mood melakukan rutinitas, lakukan pekerjaan menghibur yang bermanfaat
10. Anggap kalau waktu itu mahal atau "time is money"
11. Jangan banyak ngomong atau menggosip

Kelihatannya tidak susah ya sob?
Tetapi yang namanya manusia kan labil, jadi untuk berlatih kita harus memulai dari hal kecil seperti, datang tepat waktu kesekolah, disiplin yang kuat, jangan malas.. Karena kemalasan mendatangkan kemiskinan sob, dan kita harus selalu memikirkan masa depan.

7 Hal Yang Membuat Kita Merasa Waktu Cepat Berlalu

Nah, point diatas paling tidak bisalah sebagai latihan dasar untuk lebih menghargai waktu, nah sekarang kita langsung ke point manfaat-manfaat jika kita menghargai waktu :
1. Jarang ditegor, aman.
2. Cenderung lebih beruntung: Dapat hadiah, juara, nilai bagus.
3. Nilai-nilai positif tampak (menjadi contoh atau teladan
4. Disukai banyak orang seperti, pimpinan, sebaya, bawahan, dan anggota kelompok. Karena seseorang yang suka menghargai waktu jago juga dalam mengendalikan diri dan emosinya.
5. Calon-calon sukses (dimasa mendatang)
6. Calon-calon pemimpin (dimasa mendatang)
7. Jarang terkena masalah
8. Mudah mendapat lowongan dan siap diterima dalam bidang pekerjaan, karena mereka terpimpin

Intinya, jika kita menghargai waktu segala hal-hal yang berbau positif dan menguntungkan akan menjadi bagian kita. Beda dengan mereka-mereka yang sukanya menghabiskan waktu tak berguna, mereka rawan dengan masalah dari luar. Dan satu lagi biasanya mereka sukar untuk berhasil...

Untuk meyakinkan anda, coba baca semua kisah-kisah sukses para entreprenuer atau mereka yang sudah berhasil, dasar utama keberhasilan mereka adalah menghargai waktu.
So, manajemen waktu adalah dasar keberhasilan...

Mana mungkin orang yang biasa menghabiskan waktu tak berguna jadi berhasil? Kecuali jika dia berani mengubah sikapnya. bahkan salah seorang Ilmuwan berkata orang yang hidupnya cenderung sudah dan mendapat banyak masalah lebih banyak yang sukses dari pada orang yang memiliki kebutuhan yang terpenuhi, alasannya karena orang-orang miskin akan banyak berjuang dan memanajemen waktu mereka sedemikian baik demi mengubah hidup, dan dinegara kita juga sangat banyak ditemui seperti ini.

"mengetahui orang pintar tidak dilihat dari nilainya, tetapi dari proses yang menyertainya"
Namun, kisah ini berbalik dengan yang hidupnya serba kecukupan, karena mereka lebih sering menghabiskan waktu untuk kenikmatan dan hiburan yang ternyata menutup pintu kesuksesan.

Judul Banyak Manfaat Jika Kita Selalu Menghargai Waktu
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top