-->

Klik Enjoy Blog

hallo blogger..
Ketika anda sedang mengganti template baru, pasti trafik blog anda akan turun sampai 50 % apabila anda hanya mengganti tanpa menyeting beberapa hal penting untuk trafik blog anda.
Dan begitu juga dengan saya, pada saat saya merasa ada yang kurang dalam template tersebut, saya akan lekas menggantinya dengan template yang baru, biasanya template yang lebih berkualitas dari template sebelumnya. Setelah mengganti template tersebut saya melihat trafik blog saya terjun hingga 50 persen bahkan lebih dan akan stabil kembali setelah satu bulan. Namun saya tidak bisa menyettingnya aga template saya tidak berdampak negatif ketika di ganti.

trafik turun karena ganti template

Saya memang mencari di blog lain, tetapi banyak yang kurang jelas pembahasannya, jadi saya kira "ah, mungkin hanya itu saja dampaknya kalau mengganti template", padahal di balik itu ada lagi dampak negatif berbahaya apabila mengganti template.
Namun, tidak terduga ketika mengunjungi blog juragancipir.com saya menemukan artikel tentang template ini. Dan ternyata oh ternyata saya sudah salah besar ketika mengganti template, dan yang membuat lebih buruk lagi sudah puluhan kali template blog ini di ganti.
dan inilah penyebab hebat mengapa trafik blog turun ketika mengganti template :

1. Meta Tag Alexa Rank
saat mengganti template kesalahan pertama saya yaitu tidak menyalin meta tag alexa verifikation dari template lama ke template baru, kesalahan yang saya lakukan hanya install template baru dan kemudian mengambil meta tag dari alexa.com dan menempelkannya di template saya. Padahal sebenarnya disini alexa telah mengklaim kalau kita telah mengubah sesuatu pada template. Jadi bagi anda jika ingin mengganti template salin dulu tag alexa ke notepad atau sejenisnya lalu letakkan pada template baru.

2. Meta Tag Google Verifikation
yang ini sama persis halnya dengan alexa ketika saya mengganti template. Padahal ini tidak boleh di remehkan, dan menyalin meta tag google verifikasi harus di salin dari template lama. Agar blog kita tetap berdiri tegak dan terdaftar di indeks google kemudian google akan dapat mengetahui struktur blog kita tanpa kebingungan saat akan melakukan indeks pada semua artikel.

3. Google analytics
ini dia yang tidak saya perhatikan, saya tidak menyalin tag google analytics ke template baru. Padahal ini sangat penting sekali supaya google dapat tetap menetapkan posisi indeks blog kita pada SERP google. Karena tidak memperhatikan google analytics ini akhirnya indeks blog saya di mesin pencari jadi berantakan, kebanyakan artikel saya jadi tenggelam pada halaman google.
Dan anda harus tahu jika kita mengganti template akan banyak broken link di blog anda.

Hhhmmmm....
Ingin saya mengambil kembali ketiga meta tag di atas pada template lama saya, namun apa daya sudah berpuluh-puluh kali saya mengganti template blog ini tanpa mengetahui hal ini.

Dan yang harus saya lakukan pada blog ini yaitu posting saja. Soalnya lebih dari setengah artikel saya terindeks di halaman pertama google, dan tidak perlu membuat saya jadi down banget... !
Karena memang ini blog original dan sudah punya alexa, serta di kenal sekian pengguna internet.

Nah, bagi anda jika ingin mengganti template baru, perhatikan ketiga meta tag di atas jangan sampai lupa.
Kemudian, ganti dengan template seo friendly, HTML5, CSS3, dan responsive agar tidak terjadi hal buruk diatas. Dan bonusnya lagi seperti yang di tulis oleh Mbak Indri di juragancipir.com usahakan posting artikel baru setelah mengganti template anda.

Dan intinya, jika ingin mengganti template usahakan dengan tujuan untuk menambah sesuatu dan bukan untuk mengurangi seperti turunnya trafik blog.
Memang pada umumnya jika kita mengganti template pasti ada perubahan di deindeks SERP namun anda harus mengontrol blog anda supaya jangan sampai turun popularitasnya.
Namun kalau kira-kira tidak perlu mengganti tempalte lebih baik jangan dilakukan.
Nah, demikianlah semoga bermanfaat.

Judul Mengapa Trafik Blog Turun Karena Ganti Template? Ini Penyebabnya!
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

5 Tanggapan:

  1. thanks sob.. Musti hati2 nih sob kalau mau ganti template...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali sob,
      karena sudah pengalaman ya?! :)

      Delete
  2. wah....
    saya juga jadi takit ganti template ni.
    thanks ya mas andriy atas informasinya..

    ReplyDelete
  3. Mas saya mau tanya, gmn cara balikin trafik yg turun, karena setelah saya ganti template baru, traffic blog saya turun.apa solusinya mas??
    Dari mas hidayat rumahgokil.com

    ReplyDelete

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top