-->

UPDATED!
Barang bekas menjadi penambah beban diotak, enggak kebayang jika lemari penuh dengan baju-baju yang enggak dipakai lagi. Bayangkan jika gudang juga penuh dengan barang-barang bekas pula?
Dizaman sekarang banyaknya barang bekas oleh karena tingkat konsumsi barang yang semakin tinggi dizaman sekarang. Contohnya: sepatu baru nan mahal dulu dibeli masih utuh dan cantik masih ada dirak, tapi karena ada model terbaru sehingga beli lagi, yang lama akhirnya dilupain.
Sehingga ada dua hal yang dilakukan untuk barang bekas ini, di gudangkan atau dijual?
kalau digudangkan malah buat semak,
kalau dijual masih ada untungnnya...
so, jual! hehe...
Secondhand store
Nah, maka kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara menjual barang bekas bukan hanya sekedar menjual biasanya, tetapi agar cepat lakunya. Kadan kita juga mau menjual barang bekas milik, keluarga, atau tetangga, mungkin teman kita juga yang punya barang bekas juga bisa kita manfaatkan untuk di jual lagi, siapa bilang barang bekas tidak laku?

Okey sekarang langsung saja silahkan simak dan aplikasikan!
Tentukan Plaform Tempat Menjual
Yang ini nih harus diperhatikan, platform merupakan e-commerce (jual-beli online) tempat dimana Anda akan menjual barang bekas Anda. Tentukan platform yang tepat sesuai dengan jenis barang yang Anda jual apakah jenisnya pakaian, sepatu, buku, makeup, tas, dompet, handphone, dan lain sebagainya.
Maka silahkan pilih platform yang spesifik dengan jenis barang Anda, misalnya barang bekas yang Anda punya adalah makeup, maka pilih platform yang tempatnya banyak menjual preloved makeup. contohnya: Carousell.
NB: Pemilihan platform yang tepat akan memudahkan pembeli untuk menemukan barang bekas Anda, karena pembeli tahu bahwa e-commerce tersebut adalah tempat yang ramai penjual dan pembeli makeup. maka ini sangat penting. selain yang spesifik berdasarkan jualan Anda, masih banyak toko online yang menyediakan lapak mulai dari yang gratis sampai yang sewa silahkan pilih sesuai kemampuan Anda.

Mengenai Konten dan Produk
Ketika menjual produk secara online keyakinan pembeli adalah hal yang paling utama dalam membeli barang Anda, maka yang utama adalah mengenai content atau konten yang sangat penting diperhatikan yaitu, silahkan melakukan pengambilan gambar dengan kualitas yang baik, silahkan ambil gambar dengan high resolution untuk mendapatkan hasil gambar yang baik dan jelas, dan ketika di zoom pun dapat dilakukan dengan baik. dan yang lebih utama lagi silahkan ambil gambar yang asli dari barang Anda, jangan memanipulasi dengan gambar yang lain. Ingat reputasi dalam melakukan penjualan adalah hal yang paling utama untuk menjaga integritas pelayanan Anda nantinya, apabila Anda hendak menjual barang bekas Anda yang lainnya. silahkan memberikan pelayanan yang real dan dapat dibuktikan integirtasnya

Kualitas Foto Produk
Sudah saya singgung pada point diatas. Hasil jepretan yang dilakukan tidak perlu dengan setting-an yang sudah tahap proffesional, dan tidak dalam pengambilan gambar tidak perlu kualitas yang terlalu diperhatikan, kualitas yang baik memang perlu sekaligus juga kejelasan gambar bagian produk yang Anda ambil. Seperti misalnya Anda menjual sepatu bekas, jepret pada bagian--bagian yang suka sering dilihat orang, misalnya: Bagian depan, samping, logo, bagian penampang dan telapak. sehingga pembeli akan mengetahui spek yang bersumber dari gambar tersebut, maka ia akan melakukan pembelian.

Menjelaskan Deskripsi Produk
Deskripsi sama dengan spesifikasi, nah dalam penulisan detail tentang produk Anda silahkan tulis dengan sebaiknya dan sebenarnya supaya integritas produk Anda terlihat.
Perlu juga menjual barang dengan menuliskan plus dan minus barang bekas Anda. Maka untuk menghindari produk Anda sulit atau tidak laku dijual, maka jangan jual produk yang kerusakannya lumaya atau parah, patilah tidak laku.. hehe.
Sehingga silahkan jual produk yang masih benar-benar bisa dipakai.

milsalnya untuk barang-barang elektornik karena masih dapat dilakukan servicing, beritahukan masalah apa yang harus di perbaiki atau diservis, supaya produk Anda lebih jelas dimata pembeli dan jangan mengurangi atau menambah keradaan produk tersebut.

Menyesuaikan Harga dengan Kondisi Barang
Harga yang dipasok berarti sesuai dengan kualitas produk yang dijual, maka untuk barang bekas Anda. Silahkan pilih harga yang ideal sesuai kondisi barang tersebut.
Hal ini bisa diukur dengan:

  • Kerusakan
  • Kelayakan
  • Harga Baru
  • Jenis Produk
Dengan mempertimbangkan hal-hal diatas sehingga produk Anda mudah untuk dikenal. Apabila kerusakan produk Anda hanyalah sebagian kecil misalnya sebuah laptop dengan minus bateray silahkan kurangi harga sebanyak harga baterai laptop secara umum ditambah lagi pengurangan harga minimal 5 persen dari harga laptop tanpa baterai.

Cepat Merespon
Pembeli akan bertanya silahkan direspon, dan apabila pembeli melakukan order juga harus direspon. Merespon merupakan tindakan yang wajib untuk dilakukan oleh penjual.


Jual secara offline
Selain anda berpromosi secara online mungkin lebih besar peluang lakunya jika anda promosi secara offline, misalnya ke teman sekolah, tetangga. Dan jangan lupa meminta mereka juga ikut promosi dan mari sebarkan hal ini tentu semakin membuat peluang besar lakunya barang bekas anda.

Nah, sedikit banyaknya saya sudah memberikan tips cara memasarkan barang bekas agar cepat laku, semoga bermanfaat...

Jangan lupa baca :
5 Bisnis Online Yang Menghasilkan, Pilih Mana?

Judul Bagaimana Menjual Barang Bekas Cepat Laku Secara Online
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

2 Tanggapan:

  1. Kalo buku yang saya beli dari gramedia bisa saya jual lagi nggak gan.
    suwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, tapi kalo bisa kondisi buku nya masih bagus dan layak dibaca ya :)

      Delete

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top