-->

Baptis Church

Dari mana datangnya orang-orang Baptis?
mereka keturunan orang-orang Anabaptiskah? Mereka berasal dari agama Kristen mula-mula sebagai kelangsungan ajaran rasul-rasulkah? Ataukah mereka timbul di Inggris dalam adab ke tujuh belas?
Suatu peninjauan teori-teori asal-usul Baptis dapat memberikan jawaban-jawaban atas pertanyaan itu.





1. Teori Yerusalem- Jordan-Jahja
Salah satu teori yang tertua disebut teori Yerusalem- Jordan-Jahja. Menurut pandangan itu, orang-orang Baptis selamany ada sejak zaman pelayanan Yahya Pembaptis. Ada juga yang berpendapat bahwa tumbulnya Baptis sejak Tuhan Yesus mengajar di tengah-tengah masyarakat atau sejak hari pentakosta. Yang pokok dalam semua pandangan itu ialah adanya kelangsungan pelayana rasul-rasul atau suatu kelangsungan gereja-gereja Baptis sejak Perjanjian Baru sampai sekarang.
akan tetapi tidak mungkinlah untuk menelaah kembali perkembangan gereja-gereja Baptis  dari zaman PB sampai sekrang. Namun, benar jugalah bahwa beberapa kepercayaan Baptis diajarkan sebelum dan sesudah reformasi.

Teori Yerusalem-Jordan-Jahja sebaiknya diabaikan saja. Teori itu dapat dibuktikan, lagi pula tidak perlu. tidak perlulah berusaha  untuk menegakkan gereja-gereja Baptis dengan alasan bahwa gereja-gereja itu main kelangsungan dari gereja-gereja PB.

2. Teori Kekeluargaan Rohani Anabaptis
Sebuah teori yang kedua, disebut teori kekeluargaan rohani Anabaptist, berkeyakinan bahwa ada hubungan rohani antara orang-orang Baptis dan golongan-golongan Anabaptis di Jerman, Swis, dan Belanda. Ada yang bahkan berpendapat bahwa nama Baptis itu singkatan dari nama Anabaptis. pendapat itu jelas salah. Penganut-penganut teori itu pun mengakui kesukarannya untuk menemukan suatu hubungan yang benar antara orang-orang Baptis dan  Anabaptis. Meskipun pernah ada hubungan antara golongan Baptis dan golongan reformasi, seperti dilihat dalam Pasal II, tidaklah terbukti adanya hubungan langsung. Oleh sebab itu, teori itu menghadapi keberatan-keberatan seperti halnya dengan teori yang disebut lebih dahulu.

3. Teori Keturunan Separatis Inggris
Sebuah teori yang ketiga, yaitu teori keturunan golongan separatis Inggris, berkeyakinan bahwa orang-orang Baptis berasal dari golongan-golongan separatis inggris yang tertentu, yang berpegang pada pemerintahan gereja secara demokratis dan pembaptisan orang yang percaya. Orang-orang yang berpegang pada pandangan itu hanya mengakui satu golongan orang Baptis (orang-orang Baptis khusus) sebagai keturunan gereja-gereja Baptis yang benar dan oleh sebab itu menetapkan permulaan Baptis pada sekitar tahun 1644, ketika pembaptisan secara di selamkan dimulai. ada yang kemudian lebih mendekati kebenaran karena hampir semua doktrin Baptis pada hakikatnya tetap sama sejak waktu itu. lepas dari pandangan yang khusus itu, selambat-lambatnya sejak tahun 1641, ada bukti-bukti bahwa doktrin Baptis pada hakikatnya tetap sama sampai zaman sekarang. Rupanya paham keturunan dari separatis Inggris, yaitu seuatu golongan yang menerima pandangan Baptis, merupakan salah satu keterangan yang paling baik mengenai asal-usul Baptis.

4. Teori Pengaruh Perjanjian Baru
PB diterjemahkan langsung ke dalam Bahasa Inggris oleh Willian Tyndale dan sejak tahun 11526 secara luas tersebar di daerah-daerah Inggris, tempat orang-orang Baptis kemudian timbul. Pandangan ini menegaskan bahwa pembacaan PB menghasilkan orang-orang Baptis. Peredaran PB dalam bahasa pribumi pastilah akan dapat menghasilkan orang-orang Kristen yang percaya akan prinsip-prinsip PB.
Mungkinkah teori itu ada benarnya bertalian dengan permulaan Baptis. kepercayaan-kepercayaan Alkitab yang secara khas pada orang-orang Baptis tetap terpelihara sepanjang masa oleh Rohul Kudus yang bekerja dalam hati orang-orang percaya. Orang Baptis timbul dari PB, tetapi permulaannya terjadi di Inggris dalam abad ketujuh belas. penemuan kembali prinsip-prinsip dan pola Alkitab dalam gereja menyebabkan bertambahnya keanggotaan Baptis dengan orang-orang yang ingin memulihkan kembali agama Kristen PB

diadopsi dari buku Perkembangan Gereja-Gereja Baptis. Dr. E.C. Smith

Judul 4 Teori-Teori Tentang Asal-Usul Baptis
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top