-->

Update 2019
Ngeblog itu adalah pekerjaan sebagaimana jika anda bekerja di suatu tempat kerja. Jika ingin menjadi blogger anda harus tahu bahwa profesionalisme sangat penting jika anda berencana ngeblog sebagai bisnis. Jikalau untuk hobby itu terserah anda mau kerja seperti apa.
Namun, karena blog ini mengulas tentang blog bisnis profesionalisme jadi yang akan saya bahas disini yaitu 10 Syarat Untuk Menjadi Seorang blogger Profesional

syarat utama menjadi blogger
nah, sepertinya ulasan ini akan lebih mudah dimengerti jika lagsung ke point saja. Simak syarat berikut!!

1. Harus Bisa Menulis dan Membaca
syarat dasar dan utama adalah demikian, jika anda berharap kelak akan menjadi blogger penghasil uang. Mau tidak mau anda harus bisa menulis secara original, anda juga harus tahu jika ngeblog dengan copy paste blog tidak akan berdaya untuk dijadikan bisnis, karena algoritma google selalu di perbarui dengan ketat, contohnya di tahun ini algoritma baru google yaitu humming bird yang semakin mendesak blog-blog copas yang dulunya sukses dan sekarang sudah meghilang entah kemana. Begitu juga dengan membaca, mana mungkin anda menjadi blogger jika tidak tahu membaca... :D

2. Punya Pengetahuan
menjadi blogger tidak harus seorang guru, dokter, pengusaha, dll yang punya pengetahuan untuk di bagikan lewat blog. Tetapi setidaknya anda harus punya beberapa pengetahuan yang bermanfaat untuk di bagikan. Pengetahuan ini nantinya secara perlahan akan berkembang sesuai dengan aktif kerja anda.

3. Harus Sabar
dalam ngeblog pasti ada saja yang membuat kita tidak sabar dan marah. dan kesabaran ini harus kita terapkan jika ingin mencapai dan menunggu suatu tujuan. Karena ngeblog bukanlah sebuah bisnis yang langsung bisa menghasilkan satu bulan kemudian setelah pembuatan. Maka untuk itu yang harus tetap dilakukan yaitu tetap konsisten dalam mengisi konten di blog Anda, jangan Absen terlalu lama.
Jika Anda sabar melakukan apa yang diperlukan untuk blog Anda, percaya dalam 6 Bulan blog Anda akan kedatangan pengunjung. Dengan ini blog Anda mulai bisa di monetisasi.

4. Harus Bisa Menerima Konsekuensi
ngeblog bisnis ibaratkan dilapangan kerja yang memiliki konsekuensi, apalagi dalam ngeblog yang nampaknya mudah namun ternyata banyak juga konsekuensinya, bisa saja itu kesalahan, menghadapi sesuatu, dsb. Konsekuensi disini yaitu kita harus menerima asam garam dari kesan -kesan mengelola blog seperti harus bisa bekerja disaat tidak mood, harus selalu berusaha, ngeblog harus dibarengi dengan mengeluarkan tenaga dan energi.
Anda mungkin harus konsumsi makanan yang cukup bergizi, karena ketika sedang mengeksplorasi sebuah topik yang akan kita posting, otak kita berjalan dan membutuhkan banyak energi, itulah sebabnya mengapa ketika orang sedang depresi bisa makin kurus karena otak membutuhkan energi yang sangat banyak bahkan nyaris dari pada energi yang dibutuhkan untuk banting tulang.
Tips mudahnya, jangan menganggap blog itu sebagai beban, karena menurut saya menulis adalah pekerjaan yang sangat menarik, kita berbicara kepada banyak orang. Jika menjadi beban berarti blogger bukanlah passion Anda.

5. Harus Bisa Berbagi
karena ngeblog itu sifatnya berbagi, jadi memang di haruskan untuk orang yang ingin menjadi blogger harus bisa berbagi. Ini merupakan etika bahwa kita tidak boleh langsung memikirkan sebuah penghasilan. Menyempurnakan blog terlebih dahulu dan mengisi ulasan-ulasan yang menarik dan bermanfaat serta tidak melanggar pedoman yang berlaku seperti kebijakan Google. Dan jadilah kepercayaan kepad pengunjung dengan memeberikan ulasan yang lengkap, supaya visitor kembali lagi kepada blog Anda dan setiap artikel yang Anda tulis dipercayai. Ini akan menjadi nilai yang sangat berharga bagi blog Anda, kepercayaan pengunjung. Jadi berbagilah dengan setulusnya.

6. Harus Bisa Bersaing
blogger pasti berharap supaya blognya diminati oleh orang. Maka untuk itu anda harus mampu bersaing dengan jutaan blogger yang tentunya tidak mudah untuk di lawan. Nanti anda akan tahu sendiri strateginya :)
Saat ini hanya sekedar menulis saja tidak cukup. Artikel yang kita publikasikan jika tidak di promosikan akan sangat sulit dikenal audience, maka untuk itu perlu optimasi. Mengingat saat ini banyak sekali blog yang muncul yang sudah mendapat optimasi yang mumpumi sehingga langsung jadi populer, Anda bisa melakukannya. Hanya saja Anda harus mau belajar.
Belajar seperti Optimasi SEO yang sehat jangan sampai keterlaluan dan membuat spam dimana-mana, yang paling ampuh saat ini untuk menjaring pengunjung yaitu melalui sosial media seperti facebook, googleplus, twitter, dan lainnya. Karena netizen tidak akan mengenal blog Anda jika tidak diperkenalkan. Sosial media adalah langkah pertama netizen mengenal internet, sehingga menjadi tempat yang sangat baik untuk membagikan postingan Anda disana. Namun jangan berlebihan dan pastikan postingan Anda menarik dan bermanfaat, karena pengguan sosial media tidak menyukai tautan apalagi yang tidak bermanfaat.

7. Harus Tahan Fisik
fisik berarti tubuh, ingin menjadi blogger sukses mau tidak mau anda harus bisa melotot, duduk dikursi, tangan bergerak terus, selama berjam-jam. Tahap ini yang menyakitkan mungkin ketika masih pemula, jika sudah terbiasa pasti mudah kok bahkan kerjanya juga tidak akan sesulit dulu/
Waktu memulai membuat blog, saya menghasbiskan hanya 3 jam perhari. Namun ternyata ngeblog butuh komitmen dan perhatian dari pemiliknya supaya mudah dikenal di dunia internet, karenanya saya menambah waktu kerja yaitu minimal 6 jam, saran ini juga sering di sebutkan oleh admin juragancipir.com, bahkan jika masih ingin ngeblog karena menarik saya kadang satu harian disaat tidak ada pekerjaan.
Untuk jam tutup kerja kadang sampai jam 00.00, haha... Apalagi sedang merawat blog baru. Namun percayalah ngeblog juga seperti realita kehidupan nyata dimana ketika kita berjuang  pasti akan membuahkan hasil. Jadi, semangat ya...!

8. Harus Punya Modal
Kalau ada yang bilang blogger sukses tidak punya modal, itu salah. Yang jelas ingin menghasilkan uang harus mengeluarkan uang. Ngeblog tidak membutuhkan modal yang besar, memiliki laptop dan handphone serta paket internet sudah cukup. Untuk tidak bisa membeli paket data dapat menggunakan fasilitas wifi dimanapun di kota Anda. Namun yang pastinya Anda harus mengeluarkan modal jika ingin blogger yang benar-benar serius dan menjadi usaha jangka panjang.
Modal juga akan keluar ketika menyewa hosting dan domain supaya lebih dianggap profesional dan memiliki reputasi yang baik. dengan domain dan hosting sendiri mungkin akan lebih serius.


9. Harus Jujur
anda harus tahu, semua blogger sukse itu adalah orang jujur. Karena blog juga milik Tuhan jadi kejujuran adalah awal kesuksesan. Ingat blog anda tidak akan bertahan lama dan mungkin saja menyakiti anda, seperti blog terselubung.blogspot.com yang sempat sukses dengan penghasilan puluhan juta perbulan dengan kita copy paste, namun sekarang lenyap. Tentu saja adminnya sangat-sangat kecewa dan menyesal. Anda juga jika menjadi blogger harus jujur, sudah banyak saya tulis di blog ini bagaimana supaya jujur ngeblog.

10. Selalu Siap!
di awal menjadi blogger, kesalahan saya yaitu menunda waktu, dan akhirnya bisa saja sampai 1 minggu tidak menuliskan apa-apa. Jika untuk sukses anda tidak boleh terjerat mengenai hal ini. Karena, semakin anda berjuang, aktif, dan melawan malas, maka kesuksesan akan semakin mendekat.
Jika anda pernah kecewa, itu hal biasa yang sudah ditempuh semua blogger...
Yang jelas kesuksesan seorang blogger pasti pernah ada masalahnya...

baca juga: 
atau lebih cepat melalui kolom komentar di blog ini....

Baca juga Belajarlah Dari Kesalahan Saat Ngeblog

Judul Inilah 10 Syarat Utama Supaya Menjadi Blogger Sukses
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

2 Tanggapan:

  1. Replies
    1. Bukan gan,
      intisari dari beberapa postingan saja.
      Mudah-mudahan terpilih nanti jadi the best artikel, ;)

      Delete

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top