-->


Athanasius - Bapak Gereja

Athanasius adalah seorang bapa gereja Yunani yang berkali-kali mengalami pengusiran dari kedudukannya sebagai uskup di Aleksandria karena ia gigih mempertahankan ajaran-ajaran Konsili Nicea. Ia adalah seorang gerejawan dan mahir dalam administratif hierarkis Aleksandria.
Athanasius lahir di Leksandria, kira-kira tahun 296. Mungkin ia belajar pada sekolah kataketik di Alksandria. Pekerjaan kegerejaannya dimulai sebagai lektor (pembaca Alkitab dan ibadah) dan kemudian diangkat menjadi diaken oleh Uskup Aleksander.
Athanasius mendapat kepercayaan khusus dari uskupnya sehingga dialah yang menjadi penasihat teologis uskupnya dalam Konsili Nicea tahun 325. Hal itu menunjukkan bahwa Atahanasius adalah seorang yang mahir dalam ilmu teologi dan sepadan dengan uskupnya.
Pada tahun 328 Aleksander meninggal dan ia telah menyetakan keinginannya agar Athanasius menggantikannya. Pemilihan Athanaisus sebagai Aleksandria demikian Athanasius mendapat tanantanagan keras dari golongan Arianisme.
Atahanasius adalah seorang yang sangat gigih mempertahankan pokok-pokok ajaran Konsii Nicea, sehingga dia diusir oleh karisa maupun oleh gereja. Selama masa jabatan keuskupannya di Aleksandria ia mengalami pengusiran sebanyak lima kalil. Pada tahun 335 diadakan sinode di Tirus, yang didalamnya Athanasius dipecat karena ia tidak mau menerima Arius untuk kembali ke dalam persekutuan gereja. Pada tahun 336 Kaisar Konstantinus mengusirnya ke Treves. Pada tahun 337 Konstantinus meninggal dunia dan Athanasius kembali menduduki keusukupannya di Aleksandria. Baru saja dua tahun ia menduduki keuskupannya, kaisar mengusirnya lagi karena berpihak kepada golongan-golongan Arianisme pada tahun 339. Sesuai dengan keputusan sinode Antiokhia, Athanasius dibuang ke Roma.
Dalam sinode Sardica tahun 343, Athanasius dipulihkan kembali dalam jabatannya karena pengaruh Kaisar Konstans yang tidak menyukai golongan Arianisme. Namun, pada tahun 256 dia diusir lagi. Kali ini Athanasius bersembunyi di Aleksandria sampai dengan naiknya Julianus yang murtad tahun 361. Julianis yang Murtad mengusurnya pada tahun berikutnya dan barulah Athanasius kembali setelah Julianus meninggal pada tahun 363. Pengusiran atas dirinya berlumlah selesai. Pada tahun 365 Athanasius diusir lagi. Athanasius meninggal di Aleksandria pada tahun 373, karena penderitaan-penderitaan yang dialaminya di dalam buangan.
Athanasius adalah seorang yang teguh pendiriannya. Kira-kira tahun 318 ia menulis dua risalah pendek, yaitu Contra Gentles (melawan orang kafir), yang didalamnya ia menguraikan kesia-siaan serta kebodohan yang terdapat dalam ibadah-ibadah kafir. Risalah yang kedua adalah De Incarnations (mengenai inkarnasi), yang menjelaskan bagaimaana logos Ilahi menjadi satu dengan kemanusiaan Yesus menyelamatkan manusia. Putra Allah adalah sehakikat dengan Allah Bapa. Yesus Kristus sungguh-sungguh Allah dan hanya dengan demikian ia dapat menyelelematkan mansuia.
Karyanya yang lain adalah Vita Sancti Antonii (Riwayat Hidup Antoniis). Tulisannya ini telah memperkenalkan model kebiaraan ke dalam gereja barat. Athanasius tetap dikenang oleh gereja sepanjang abad dan pada segala tempat dengan Pengakuan Iman Athanasius.

Judul Riwayat Singkat Athanasius - Tokoh Bapak Gereja
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top