-->

10 hal yang harus di perhatikan atau dipersiapkan sebelum membangun sebuah blog atau website
Blog menjadi salah satu media aplikasi online yang di gunakan ratusan hingga ribuan pengguna internet untuk sebagai wadah sharing dan informasi mengenai apapun. Terciptanya sebuah blog atau website diiringi dengan motif yang bermacam-macam sehingga sangat banyak jenis dan macam website atau blog seperti teknologi, berita, internet, marketing, dan lain-lain.
Mungkin anda sendiri juga punya tujuan yang berbeda, maksud dan tujuan yang berbeda untuk membangun sebuah blog/website. Namun, sebelum ke tahap pembuatan banyak hal yang harus kita ketahui dahulu.
Nah, bagi sobat yang penasaran lebih baik yuk kita lihat 10 hal yang harus di perhatikan sebelum membangun sebuah website atau blog :

1. Modal!

Ya, modal. Hampir semua hal yang kita lakukan di dunia ini tentu butuh modal kecuali udara dan matahari, ya kan?. Modal yang di butuhkan untuk menjadi blogger:
1. Laptop/Komputer
2. Paket Data/Koneksi Internet
3. Meja dan Kursi
4. Uang sewa hosting dan domain bagi yang ingin self-hosting
5. Tetapi masih ada yang gratis di blogger, wordpress, weebly, wix, dan lainya (untuk numpang)

2. What the Purpose?

Tujuan adalah fokus utama orang yang melakukan apapun, so apa tujuan kamu nge-blog?
Mau terkenal? (sulit)
cari uang? (tergantung pemasaran)
mau salurkan ilmu? (tujuan mulia) better than the other purposes

Oke, sedikit mengenai tujuan, tidak semua tujuan akan memberikan impression yang baik bagi penggiat sesuatu. Misalnya, tujuan Anda adalah uang, bisanyanya blogger yang motif-nya adalah uang sering gagal di tengah jalan, karena sering ketika tengah menemukan masalah atau uangnya belum ia dapat kemudian ia meninggalkan apa yang ia kelola.
Tetapi berbeda dengan motif hijau, yaitu membagikan sesuatu yang ia tahu, dan ia yakin yang ia bagikan itu bermanfaat dan orang-orang akan terbantu, pasti kualitas kontenya jauh lebih berbobot!
Anda pasti paham dengan ini.

Sama seperti ketika seseorang menjadi seorang karyawan disebuah perusahaan, ethos kerjanya pasti berbeda antara fokus pada pekerjaannya atau karena ia bekerja oleh imbalan. Hasilnya berbeda.
Tetapi jauh lebih baik, ketika Anda mengerjakan sesuatu dengan kualitas yang baik dan penawaran yang besar, boleh! intinya kualitas diutamakan, maka secara langsung orang akan menerima harga terbaik.


3. Siap Dengan Karya Original

Berkarya dan kreatif adalah keinginan para pengunjung Anda nanti, mari siapkan diri dan banyak belajar tentang passion yang Anda miliki sekarang ataupun cross passion (passion baru) yang ingin Anda suka untuk pelajari)
Original berarti asli, tanpa copas ataupun plagiat. Banyak blogger yang mengabaikan etika kerja seperti ini, hingga akhirnya blog miliknya sendiri di hapus/banned pihak terkait. Jadi bagi pemula hal ini penting di perhatikan, supaya tidak terjadi penyesalan yang tidak bergunan nantinya.
setiap karya memiliki legalitas, dan hak cipta tersendiri (laporan eksploitasi dan pencurian konten akan membahayakan pekerjaan Anda)

4. Belajar Menulis
Tidak hanya sekedar kemampuan me-ngetik, tetapi penyampaian informasi yang baik dan dimengerti pembaca adalah fokus utama penulis. Menulis tanpa kandungan informasi yang cukup tentu akan menyia-nyiakan waktu pembaca membuka page blog Anda, dan ia akan meninggalkan blog Anda selanjutnya.
so, pikirkan tentang pengalaman dan kesan yang baik bagi pengunjung ketika sedang mencari solusi di postingan Anda.

Anda juga perlu belajar menciptakan kalimat yang menarik, tata bahasa umum tetapi jangan kaku karena peraturan grammar sebuah bahasa, karena pembaca akan menyukai tulisan yang sederhana dan mampu dicerna.
beberapa hal ini perlu diperhatikan tentang stuktur teks:

  • Pendahuluan singkat
  • Isi (fokus ke topik pembahasan)
  • Inti dan tambahan informasi


5. Siap Untuk Bersaing

Anda suka bersaing?
Ada miliaran karya tulis di internet dari segi bahasa dan jutaan artikel berbahasa Indonesia, maka bersiaplah untuk mengorbitkan karya-karya Anda untuk menempuh barisan paling depan di peredaran.
Ingat, satu karya yang Anda miliki jangan sepele menciptakannya! its the hero
ia akan menjadi pahlawan bagi blog Anda.

Maka, pelajari sebaik mungkin apa yang Anda ingin posting, dan perhatikan aktivitas pasar yang sedang trending boleh menggunakan Google Trend, untuk melihat apa yang sedang hangat yang berhubungan dengan topik Anda.

Tetapi jangan terperangkap oleh persaingan, loyalitas dan kepercayaan pembaca lebih utama dari itu semuanya! keep fight!

6. Pelajaran Tambahan

1. Optimasi SEO Organik 
Tak perlu berkeras mengikuti cara-cara lama seperti berburu backlink, crawl setting, tagging H1, H2, H3, H4, H5,..... Karena semakin hari mesin pencari Google lebih menyukai perilaku manusia mempergunakan produk mereka yaitu blog dengan pekerjaan yang alami, dan memberi manfaat kepada pengunjung akan cepat dimajukan di posisi depan search engine. Karena mesin Google mengetahui mana yang lebih disukai orang-orang.
Tetapi apakah kita melupakan Optimasi SEO?
Tidak juga, boleh dilakukan tetapi jangan menghabiskan waktu kepada aktivitas ini daripada mengelola konten-konten Anda di blog.

2. Belajar HTML dan CSS dasar
Karena template (design) blog di susun dengan bahasa pemrograman dan tentu Anda ingin melakukan pengeditan terhadap tampilan dan tata letak blog Anda, mari pelajari dasar-dasarnya saja sudah cukup karena banyak html code yang tersedia di blog-blog lain, Anda tinggal melakukan pengeditan sedikit-sedikit. Atau Anda juga boleh memesan template sesuai yang Anda butuhkan.

3. Riset Pasar
Maksimalkan perkenalan blog Anda kepada dunia melalui perilaku dan aktivitas pasar secara update, permintaan dan kesukaan manusia akan terus berubah, maka pelajari hal ini.
Ketika Anda memuat konten dengan niche kesehatan, maka Pelajari dan teliti tentang topik ini sesuai aktivitas yang terus berkembang pelajari di Google Trend, Analytics, atau sejenisnya. Saya akan segera membahas tentang ini..

Nah, sedikit banyaknya apa yang sudah saya posting kali ini.
Ketika Anda memahami hal wajib diatas, Anda sudah termasuk pada level remaja!, hehe...
Baiklah terimakasih sudah berkunjung!

Judul Pemula! 6 Hal Wajib Diketahui Sebelum Membuat Blog
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top