-->

Universitas adalah tingkatan pendidikan diatas semua tingkatan pendidikan. Ketika kamu sudah berada dibangku SMA tentu kamu memikirkan Perguruan Tinggi mana yang akan kamu pilih.
nah, sekarang saya ingin menulis informasi mengenai 10 Universitas terbaik didunia, hasil riset dari pada penulis menuliskannya karena prestasi yang memukai setiap tokoh dan mahasiswa didalamnya yang berpengaruh bagi dunia pendidikan, ekonomi, sosial, budaya, hukum, politik, dan sebagainya.
nah, berikut daftarnya...

10. Chicago of University (Universitas Chicago)
Universitas Chicago (biasanya disebut sebagai Chicago atau UChicago, bahasa Inggris: The University of Chicago) adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890; William Rainey Harper menjadi presiden atau rektor pertama pada tahun 1891 dan kelas-kelas pertama diadakan pada tahun 1892.
Selama 100 tahun terakhir, 85 pemenang Hadiah Nobel telah lahir, dan enam Profesor saat ini adalah pemenang Hadiah Nobel.

9. Institut Teknologi Federal Swiss Zurich - Swiss
Swiss atau Switzerland merupakan negara dengan penghasilan penduduk terkaya di dunia, kualitas kehidupan yang baik dan negara yang aman dan damai.  Selain itu, Swiss merupakan rumah bagi perusahaan internasional danpusat penelitian dunia  yang telah menghasilkan penelitian penomenal dan banyak scientistnya mendapatkan penghargaan nobel. Seperti ilmuan tersohor Albert Einstein, Felix Bloch, Paul Karrer, dan Kurt Wüthrich dalam bidang Kimia pada tahun 2002. 4 universitas ternama Swiss masuk pada 100 daftar universitas terbaik di dunia. Tak heran, setiap tahunnya mahasiswa internasional terus bertambah untuk belajar di negara ini. Sebagai pusat penelitian sains dan teknik terkemuka di dunia, Teknologi Federal Zurich atau juga disebut ETH (ETHER). mempunyai ilmuwan berpengauh seperti Albert Einstein, Von Neumann, dan para ilmuwan terkenal dunia lainnya,

Institut Teknologi Federal Zurich juga terkenal dengan 25 Hadiah Nobel.
 dan ada juga beberapa universitas terbaik lainnya lainnya seperti..  (EPFL) École polytechnique fédérale de Lausanne , University of Zurich, University of Geneva

8. Imperial college London - UK
Imperial College London (The Imperial College of Science, Technology and Medicine) adalah perguruan tinggi negeri riset di Inggris. Didirikan oleh Pangeran Albert, perguruan ini didirikan untuk menggiatkan pendidikan di bidang sains, perdagangan, dan seni, terdiri dari Natural History Museum, Museum Victoria dan Albert, Science Museum, Royal Albert Hall dan Imperial Institute. Imperial Institute didirikan oleh istrinya, Queen Victoria yang melakukan peletakan batu pertama. Kemudian dilanjutkan oleh Ratu Elizabeth II dan Duke of York yang membuka Imperial College Business School.Universitas ini terus tumbuh seiring bergabung dengan Sekolah Kedokteran Rumah Sakit St Mary, Charing Cross dan Sekolah Kedokteran Westminster, Royal Postgraduate Medical School dan Institut Jantung dan Paru Nasional. Awalnya merupakan salah satu bagian dari Universitas London, Imperial menjadi institut terpisah pada ulang tahunnya yang ke-100.
Imperial secara konsisten berada di peringkat teratas di dunia, berada pada posisi 2 di 2015 QS World University Rankings dan ke-9 di 2015 Times Higher Education World University Rankings. Menurut The New York Times, para rekruiter menganggap siswanya termasuk di antara 10 yang paling dicari di dunia. Para alumni dan stafnya telah memperoleh 15 Penghargaan Nobel, 2 Medali Fields, 70 Fellows Royal Society, 82 Fellow Royal Academy of Engineering dan 78 Fellow Academy of Medical Sciences.

namun biaya kulaih di kampus ini juga sangat mahal
(£96.7 juta)  dan juga terkenal untuk rilis ilmuwan seperti Fleming dan Hicks.
7. Princeton University - USA
dilansir dari ucnew.com Universitas Princeton adalah lembaga swasta yang didirikan pada 1746. Memiliki total pendaftaran sarjana 5.400, pengaturannya adalah pinggiran kota, dan ukuran kampus adalah 600 hektar. Ini menggunakan kalender akademik berbasis semester. Peringkat Universitas Princeton dalam edisi tahun 2018 dari Perguruan Tinggi Terbaik adalah Universitas Nasional, 1. Biaya kuliah dan biayanya adalah $ 47.140 (2017-18).

Princeton, salah satu perguruan tinggi tertua di AS, terletak di kota Princeton, New Jersey yang tenang. Di dalam dinding kampusnya yang bersejarah, Ivy menawarkan sejumlah acara, kegiatan, dan organisasi. The Princeton Tigers, anggota Ivy League, terkenal akan tim lacrosse putra dan putri mereka yang secara konsisten kuat. Siswa tinggal di salah satu dari enam perguruan tinggi perumahan yang menyediakan komunitas perumahan serta layanan makan tetapi memiliki pilihan untuk bergabung dengan lebih dari 10 klub makan untuk tahun-tahun junior dan senior mereka. Klub makan berfungsi sebagai organisasi sosial dan makan bagi para siswa yang bergabung dengan mereka. Motto tidak resmi Princeton, "Princeton dalam Layanan Bangsa dan dalam Layanan Kemanusiaan," berbicara kepada komitmen universitas untuk pengabdian masyarakat.

Princeton termasuk program pascasarjana tingkat tinggi melalui Woodrow Wilson School of Public and International Affairs dan School of Engineering and Applied Science . Satu aspek unik dari program akademik Princeton adalah bahwa mahasiswa sarjana diminta untuk menulis tesis senior, atau untuk mahasiswa di beberapa departemen teknik, mengambil proyek independen. Alumni terkenal termasuk Presiden AS Woodrow Wilson, model / aktris Brooke Shields dan mantan ibu negara Michelle Obama. Menurut legenda Princeton, jika seorang siswa keluar dari kampus melalui Gerbang FitzRandolph sebelum kelulusan, dia mungkin akan dikutuk untuk tidak lulus.

6. Harvard University - USA
Universitas Harvard , lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat (didirikan 1636) dan salah satu negara paling bergengsi. Ini adalah salah satu sekolah Ivy League . Kampus universitas utama terletak di sepanjang Sungai Charles di Cambridge , Massachusetts , beberapa mil di sebelah barat pusat kota Boston . Jumlah total pendaftaran Harvard adalah sekitar 20.000.

Sejarah Harvard dimulai ketika sebuah perguruan tinggi didirikan di New Towne , yang kemudian diubah namanya menjadi Cambridge untuk almamater Inggris dari beberapa kolonis terkemuka. Kelas dimulai pada musim panas tahun 1638 dengan satu guru di satu rumah kerangka dan “halaman perguruan tinggi.” Harvard dinamai sebagai menteri Puritan,John Harvard , yang meninggalkan perguruan tinggi buku-bukunya dan setengah dari harta warisannya.

Sekolah sarjana Harvard, Harvard College, berisi sekitar sepertiga dari total siswa. Inti dari staf pengajar universitas terdiri dari fakultas seni dan sains, yang mencakup lulusan fakultas seni dan sains. Universitas memiliki lulusan atau sekolah profesi kedokteran, hukum, bisnis, ketuhanan, pendidikan, pemerintahan, kedokteran gigi, desain, dan kesehatan masyarakat . Sekolah hukum, kedokteran, dan bisnis sangat bergengsi. Di antara lembaga penelitian lanjutan yang berafiliasi dengan Harvard adalah Museum of Comparative Zoology (didirikan pada tahun 1859 oleh Agassiz), Grey Herbarium, Peabody Museum Arkeologi dan Etnologi, yang Arnold Arboretum , dan Museum Seni Fogg.

Juga terkait dengan universitas adalah observatorium astronomi di Harvard, Massachusetts; yang Library Research Dumbarton Oaks dan Koleksi di Washington, DC , pusat Bizantium studi dan pra-Columbus; dan Harvard-Yenching Institute di Cambridge untuk penelitian di Asia Timur dan Tenggara . The Perpustakaan Universitas Harvard adalah salah satu perpustakaan universitas terbesar dan paling penting di dunia.

5. US Massachusetts Institute of Technology- USA (Institut Teknologi Massachusetts)
Universitas Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan salah satu universitas teknologi terbaik di dunia yang telah menempati peringkat pertama dari 5 kategori tingkatan universitas terbaik. Massachusetts Institute of Technology merupakan institusi riset swasta, yang berlokasi di kota Cambridge tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Bay di Boston, Amerika Serikat. Universitas Massachusetts Institute of Technology memiliki 5 kampus dan 1 progarm kerjasama dengan World Hole Oceanographic Institution (WHOI), sehingga jika ditotalkan terdiri dari 32 departemen yang dikhususkan pada bidang Sains dan Teknologi. Dari berbagai lembaga peringkat perguruan tinggi, Universitas Massachusetts Institute of Technology selalu konsisten berada di peringkat 10 besar universitas terbaik di dunia, khususnya dalam bidang Ilmu Teknologi.

Universitas Massachusetts Institute of Technology memiliki banyak 5 departemen utama yaitu: The Department of Architecture, The Department of Urban Studies + Planning, The Media Laboratory, The Center for Real Estate dan The Program in Art, Culture and Technology. Universitas Massachusetts Institute of Technology juga menawarkan 44 gelar sarjana di 5 sekolah tersebut dengan berbagai kajian ilmu seperti Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Tata Kota, Teknik Mesin, Elektro, Metalurgi, Ilmu Komputer, Biologi, Rekayasa Biologi, Komputasi dan sistem biologi, Fisika, Aeronautics, Matematika, Sistem Rekayasa, Sains dan Teknologi Nuklir, Perhitungan Desain dan Optimasi, Ilmu Otak dan Kognitif, Operasi Research Centern, Antropologi, Linguistic , Ilmu kesehatan dan Teknologi, Politik, Sejarah hingga ekonomi bisnis.

Sedangkan untuk program pasca sarjana, Universitas Massachusetts Institute of Technology menawarkan program doktor komprehensif dengan berbagai gelar akademis seperti Master of Science (MS), Doctor of Philosophy (PhD), Doctor of Science (ScD), Master Arsitek (March), Master Administrasi Bisnis (MBA), master perencanaan kota (MCP), master Engineering (Meng), master Finance (Mfin), dan program pascasarjana interdisipliner seperti MD/Ph.D yang menjalin kerjasama dengan Harvard Medical School.

Selain itu, prestasi yang diraih oleh Universitas Massachusetts Institute of Technology sangatlah banyak, seperti memiliki 81 pemenang nobel, 52 ilmuwan peraih National Medal of Science, 45 orang peraih Rhodes Scholars, 38 orang meraih MacArthur Fellows dan 59 anggota dari komunitas Massachusetts Institute of Technology telah meraih penghargaan Nobel. Dengan banyaknya prestasi yang diraih, membuktikan bahwa Universitas Massachusetts Institute of Technology menjadi salah satu perguraun tinggi ternama di dunia. Prestasi-prestasi tersebut akan sangat membanggakan jika kamu juga dapat meraihnya saat melanjutkan studi di sana.

Setiap universitas pasti memiliki visi dan misi, tak terkecuali Universitas Massachusetts Institute Of Technology. Universitas Massachusetts Institute Of Technology  memiliki visi dan misi untuk memajukan pengetahuan dan mendidik siswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan melayani bangsa dan dunia di abad ke-21. Selain itu,  Universitas Massachusetts Institute Of Technology  juga berkomitmen untuk menghasilkan, menyebarkan, dan melestarikan ilmu pengetahuan, juga bekerjasama dengan institusi pendidikan lain demi menghadapi tantangan-tantangan besar di dunia. Universitas Massachusetts Institute Of Technology  juga memiliki sebuah motto “Mens et Manus” yang dalam bahasa Indonesia berarti “Pikiran dan Tangan”. Sistem pendidikan di Universitas Massachusetts Institute Of Technology  dibuat agar para pelajarnya memiliki semangat dalam bekerja dengan bijaksana, kreatif dan efektif demi kemajuan umat manusia.

4. University of Cambridge - UK
University of Cambridge adalah universitas tertua kedua di dunia berbahasa Inggris dan dianggap sebagai salah satu dari lima universitas teratas dunia. University of Cambridge adalah anggota dari Russell Group, jaringan universitas-universitas Inggris yang dipimpin oleh penelitian; Coimbra Group, sebuah asosiasi universitas-universitas terkemuka di Eropa; Liga Universitas Riset Eropa; dan Universitas Riset Aliansi Internasional. Ini juga dianggap sebagai bagian dari "Segitiga Emas", sebuah konsentrasi geografis dari universitas riset terkemuka.

Sebagai universitas perguruan tinggi, Cambridge tidak biasa karena tidak memiliki kampus dan dengan demikian pada dasarnya adalah sebuah kelompok dari 31 perguruan tinggi yang berdiri sendiri di bawah satu spanduk Cambridge. Setiap perguruan tinggi adalah bagian dari Cambridge sementara sebagian besar independen. Mereka menunjuk staf pengajar dan rekan mereka sendiri di setiap mata pelajaran, memutuskan siswa mana yang akan diterima, memberikan pengajaran pengawasan untuk mahasiswa, dan bertanggung jawab atas pengaturan domestik dan kesejahteraan siswa dan staf. Memilih perguruan tinggi yang tepat sangat penting, baik untuk memastikan siswa memenangkan tempat, dan juga memastikan gelar adalah yang berhasil.

Cambridge telah menghasilkan 89 pemenang Nobel hingga saat ini, lebih banyak daripada universitas lain, sementara Trinity College sendiri telah menghasilkan lebih banyak pemenang hadiah Nobel daripada Perancis. University of Cambridge juga merupakan pemilik tanah terbesar ketiga di negara ini, setelah Ratu dan Gereja Inggris.

Perguruan tinggi adalah titik kontak utama bagi siswa, dan bervariasi dalam pengaturan orientasi mereka. Bersamaan dengan ini, dukungan tersedia dari komunitas mahasiswa dan kelompok alumni relawan, yang mengadakan pesta baru sepanjang September untuk memperkenalkan siswa satu sama lain dan kehidupan universitas.

Tim Mahasiswa Internasional menjalankan program orientasi pada awal setiap tahun akademik untuk menawarkan informasi tentang universitas, ditambah menawarkan kesempatan untuk bertemu dengan siswa internasional lainnya.

ICSU juga mewakili mahasiswa internasional di Universitas Cambridge. Kelompok ini menyambut mahasiswa internasional baru ketika mereka tiba di kota, dan acara sosial diselenggarakan sepanjang tahun. 1.300 siswa internasional dari 65 negara saat ini terdaftar di Cambridge.

Cambridge adalah kota besar di Cambridgeshire, sekitar 80 km di utara London. Ini didominasi oleh bangunan universitas, yang telah menjadi bagian dari sejarah kota selama lebih dari 800 tahun. Cambridge adalah kota kecil dan hampir semua perguruan tinggi dan departemen sangat penting satu sama lain. Layanan bus menghubungkan mereka, sementara Cambridge terkenal sebagai salah satu kota paling ramah sepeda di negara ini.

Melalui udara, Cambridge dilayani oleh empat bandara utama: Stansted, Luton, Heathrow dan Gatwick. Ada layanan pelatih National Express ke Cambridge dari keempat bandara. Ada juga kereta langsung dari London yang memakan waktu sekitar satu jam.

Alumni
Sir Isaac Newton (Fisikawan, ahli matematika)
Charles Darwin (Naturalis)
John Milton (Penyair)
Stephen Hawking (Physicist)
Bertrand Russell (Filsuf)

3. Stanford University - US
Stanford University didirikan pada 1885 oleh Jane dan Leland Stanford, "untuk mempromosikan kesejahteraan publik dengan melakukan pengaruh atas nama kemanusiaan dan peradaban." Sejak dibuka pada tahun 1891, fakultas dan mahasiswa Stanford telah bekerja untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang-orang di seluruh dunia melalui penemuan dan penerapan pengetahuan. Terobosan di Stanford termasuk transplantasi jantung-paru pertama yang sukses, debut mouse komputer, dan perkembangan musik digital.

Terletak di 8.180 hektar, Stanford adalah salah satu kampus terbesar di Amerika Serikat dengan 18 institut penelitian interdisipliner dan tujuh sekolah di satu kampus: Sekolah Pascasarjana Bisnis; Sekolah Bumi, Energi & Ilmu Lingkungan; Sekolah Pascasarjana Pendidikan; Sekolah Teknik; Sekolah Humaniora dan Ilmu Pengetahuan; Sekolah hukum; dan Sekolah Kedokteran.

Stanford memiliki lebih dari 16.300 mahasiswa, 2.180 fakultas, dan 1.800 sarjana pasca doktoral. Stanford adalah lembaga internasional, yang mendaftarkan siswa dari seluruh 50 negara bagian AS dan lebih dari 90 negara lain. Ini juga merupakan  pusat olahraga atletik , dengan 900 mahasiswa-atlet saat ini dan sejarah 137 kejuaraan nasional dan 23 Piala Direksi berturut-turut, diberikan kepada program atletik antar bangsa teratas di negara ini.

Stanford menghitung 19 penerima Nobel dalam komunitasnya hari ini dan banyak alumni terkenal yang terkait dengan universitas dari dunia seni, ilmu sosial, bisnis, politik, kemanusiaan, media, olahraga dan teknologi. Presiden ke-31 AS, Herbert Hoover, adalah bagian dari kelas pertama di Stanford, dan menerima gelar dalam geologi pada tahun 1895. Para alumni termasuk 17 astronot, 18 penerima Turing Award dan dua Field Medalists.

Secara total, perusahaan yang didirikan oleh afiliasi dan alumni Stanford menghasilkan lebih dari $ 2,7 triliun pendapatan tahunan, yang akan menjadi ekonomi terbesar ke-10 di dunia. Perusahaan-perusahaan ini termasuk Google, Nike, Netflix, Hewlett-Packard, Sun Microsystems, Instagram dan Charles Schwab. Alumni Stanford juga telah mendirikan organisasi nirlaba seperti Kiva dan SIRUM. Wanita Amerika pertama yang pergi ke ruang angkasa, Sally Ride, menerima gelar sarjana dalam fisika dari Stanford pada tahun 1973. Hanya 10 tahun kemudian, dia membuat dia naik ke angkasa.

Stempel resmi Stanford berisi kata-kata Jerman, "Die Luft der Freiheit weht", yang diterjemahkan sebagai "angin pukulan kebebasan".

Ini adalah sebuah perguruan tinggi yang lulus dari para pendiri perusahaan IT terkenal seperti Google, HP, LinkedIn, Instagram, Snapshot, Yahoo and Sun.
Tidak seperti sekolah lain di mana persentase pencapaian akademik tinggi , Stanford University, yang memiliki dampak signifikan pada penerimaan,
ditandai dengan tingkat penerimaan rendah 4,69%.
2. Oxford University - UK (Universitas Oxford)
University of Oxford adalah universitas tertua di dunia berbahasa Inggris dan universitas tertua tertua kedua di dunia. Meskipun tanggal pendiriannya tidak diketahui, ada bukti bahwa pengajaran berlangsung sejauh 1096.

Terletak di dalam dan di sekitar pusat kota abad pertengahan Oxford, universitas ini terdiri dari 44 perguruan tinggi dan aula, dan lebih dari 100 perpustakaan, menjadikannya sistem perpustakaan terbesar di Inggris.

Jumlah siswa sekitar 22.000 total, lebih dari setengah di antaranya adalah mahasiswa, sementara lebih dari 40 persen adalah internasional, yang mewakili 140 negara di antara mereka.

Disebut 'kota menara mimpi' oleh penyair Victoria, Matthew Arnold, Oxford memiliki populasi termuda di kota mana pun di Inggris dan Wales: hampir seperempat penduduknya adalah mahasiswa, yang memberi Oxford desas-desus yang nyata.

Oxford memiliki jaringan alumni lebih dari 250.000 individu, termasuk lebih dari 120 peraih medali Olimpiade, 26 pemenang Hadiah Nobel, tujuh penyair, dan lebih dari 30 pemimpin dunia modern (Bill Clinton, Aung San Suu Kyi, Indira Ghandi dan 26 Perdana Menteri Inggris, antara lain mereka).

Universitas ini terkait dengan 11 pemenang Hadiah Nobel Kimia, lima di bidang fisika dan 16 di bidang kedokteran. Pemikir dan ilmuwan Oxford terkemuka termasuk Tim Berners-Lee, Stephen Hawking dan Richard Dawkins. Aktor Hugh Grant dan Rosamund Pike juga pergi ke Oxford, begitu pula para penulis Oscar Wilde, Graham Greene, Vikram Seth, dan Philip Pullman.

Mahasiswa internasional pertama Oxford, bernama Emo dari Friesland, terdaftar pada tahun 1190, sedangkan universitas modern membanggakan dirinya memiliki 'karakter internasional' dengan koneksi ke hampir setiap negara di dunia dan 40% fakultasnya diambil dari luar negeri.

Sebagai universitas modern yang digerakkan oleh penelitian, Oxford memiliki banyak kekuatan tetapi mengutip kecakapan khusus dalam ilmu pengetahuan, setelah baru-baru ini menduduki peringkat nomor satu di dunia untuk kedokteran (jika divisi Ilmu Kedokteran adalah universitas dalam dirinya sendiri, itu akan menjadi yang keempat terbesar di Inggris) dan di antara sepuluh universitas teratas untuk ilmu kehidupan, ilmu fisika, ilmu sosial, dan seni dan humaniora.

1. California Institute of Technology - USA
Institut Teknologi California (Caltech) merupakan sebuah universitas riset swasta yang berada di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech memiliki 6 divisi akademik dengan penekanan kuat pada bidang Sains dan Teknik. Kampus utamanya seluas 124 hektar terletak sekitar 11 mil (18 km) di timur laut dari pusat kota Los Angeles.

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Caltech, perlu diketahui bahwa California adalah sebuah negara bagian yang terletak di pesisir barat Amerika Serikat, dengan penduduk terbanyak di AS. Andaikata California sebuah negara merdeka, dia akan berada dalam posisi ke-6 dan ke-9 ekonomi di dunia. Dan juga negara bagian paling beragam suku bangsa di AS, julukan resminya adalah ‘The Golden State’. Ini merupakan bagian dari sejarah 1849 California pada masa Gold Rush, tetapi juga menunjuk kepada rumput setempat yang berubah menjadi warna emas pada musim panas. Singkatan pos A.S.nya adalah CA, dan singkatan Associated Pressnya adalah Calif.

California juga pendorong dominan dari budaya Amerika dan juga ekonomi negara itu, menyumbangkan peningkatan teknologi dan hukum, sebagai tambahan juga membayar lebih ke sistem federal dari keuntungan yang dia terima. Negara bagian ini juga memiliki kota-kota terbesar dan menarik di negara AS, termasuk Los Angeles, San Diego, dan San Francisco. Karena itu, jika kamu melanjutkan kuliah di sana, sempatkan diri kamu juga untuk main-main ke kota-kota tersebut, misalnya ke Los Angeles, kota terpadat di negara bagian California, dan kota terpadat kedua di Amerika Serikat, setelah New York. Dijuluki sebagai ‘City of Angels’, Los Angeles adalah pusat dunia bisnis, perdagangan internasional, hiburan, budaya, media, mode, ilmu pengetahuan, olahraga, teknologi, dan pendidikan terdepan, dan merupakan kota terkaya ke-3 di dunia dan menjadi kota paling kuat dan berpengaruh ke-5 di dunia. Di sini juga merupakan pusat perfilman Hollywood yang menghasilkan film-film box office.

Atau kamu bisa juga mengunjungi San Fransisco, kota yang terkenal dengan Jembatan Golden Gate-nya. Sekarang, San Francisco adalah sebuah kota tujuan wisatawan internasional yang terkenal, terutama karena kabut dingin musim panasnya, perbukitan curam, campuran arsitektur Victoria dan arsitektur modern. Kota ini juga merupakan sebuah pusat perbankan dan keuangan utama, dan rumah bagi lebih dari 30 institusi keuangan internasional yang membantu menempatkan San Francisco pada tingkat ke-18 dalam daftar kota produsen teratas dunia, ke-9 di Amerika Serikat, dan ke-15 dalam daftar 20 pusat keuangan terbaik di dunia.

Meskipun didirikan sebagai sekolah persiapan dan kejuruan oleh Amos G. Throop pada tahun 1891, Institut Teknologi California menarik ilmuwan berpengaruh seperti George Ellery Hale, Arthur Amos Noyes, dan Robert Andrews Millikan pada awal abad ke-20. Sekolah-sekolah kejuruan dan persiapan dibubarkan pada tahun 1910, dan nama perguruan tinggi ini resmi ditetapkan pada tahun 1921. Pada tahun 1934, Caltech terpilih menjadi anggota Asosiasi Universitas Amerika, dan pelopor Jet Propulsion Laboratory NASA, yang mana terus dikelola dan dioperasikan Caltech hingga saat ini, didirikan antara 1936 hingga 1943 di bawah pimpinan Theodore von Karman. Universitas ini merupakan salah satu di antara sekelompok kecil Institut Teknik di Amerika Serikat yang melakukan pengabdian di bidangteknik dan sains terapan.

Di bawah kepemimpinan Hale, Noyes, Milikan, Caltech tumbuh dengan pesat. Pada tahun 1923, Milikan mendapatkan hadiah nobel Fisika. Pada masa yang sama, institusi membuka departemen geologi, divisi Biologi (di bawah pimpinan Thomas Hunt Morgan –ahli Biologi & penemu peran gen kromosom). Pada tahun 1928, pembangunan Observatorium Palomar. Milikan mengundang beberapa ilmuwan terkenal seperti Paul Dirac, Erwin Scrodinger, werner Heisenberg, Hendrik Loretz, Niels Bohr dan Albert Einstein. Einstein kemudian menjadi profesor tamu.

Caltech adalah rumah bagi Murray Gell Mann dan Richard Feynman, yang bekerja dengan pembentukan model standra fisika partikel. Sejak tahun 2000, Paper Proyek Einstein ditemukan di Caltech. Pada tahun 2010, institusi menjalin kemitraan dengan Lawrence Berkeley National Laboratory yang dipimpin oleh Prof. Nathan Lewis –membentuk DOE Enovasi Hub. Caltech juga membuat forum bernama TEDx pada tahun 2011 dengan tema “Feynman Visi: The Next 50 Years.”

Institut telah mengoperasikan berbagai lembaga kajian, studi maupun penelitian di antaranya: Observatorium Palomar, Lembah Owen Radio Observatory, WM Keck Observatory, Laser Interferometer Gravitational Wave Observatory, Kerckhoff Marine Laboratory, Kavli nanosains Institute, Keck Institute for Space Studies.

Meskipun kampusnya tidak terlalu besar, 32 alumni Caltech dan fakultas telah memenangkan total 33 penghargaan Nobel, dengan Linus Pauling menjadi satu-satunya individu di dalam sejarah yang memenangkan 2 hadiah Nobel tak terbagi, dan 70 telah memenangkan United States National Medal of Science or Technology. Ada 112 anggota fakultas yang telah terpilih ke National Academies. Selain itu, banyak anggota fakultas yang berasosiasi dengan Howard Hughes Medical Institute serta NASA. Caltech mendapat sponsor sebesar USD332 milyar pada tahun 2011 untuk penelitian, dan sumbangan USD1850 milyar untuk pengembangan universitas pada tahun 2013. Universitas ini juga memiliki bersaing ketat dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Kehidupan mahasiswa

Caltech menerima 997 mahasiswa sarjana dan 1.246 mahasiswa pascasarjana untuk tahun ajaran 2012-2013. Prosentase mahasiswi mencapai 38% dari sarjana dan 29% dari pascasarjana. Sekitar 68% dari mahasiswa non-internasional berasal dari luar negara bagian. Caltech menerima 5.535 aplikasi untuk kelas tahun 2017: 584 mendaftar (10,6%) dan hanya 249 dari mereka yang diterima. Rentang interkuartil untuk skor SAT tahun siswa pertama 'adalah 2230-2340, dan kisaran interkuartil untuk ACT adalah 33 sampai 35.

Tingkat kelulusan 4 tahun adalah 79% dan tingkat kelulusan 6 tahun adalah 92%, yang rendah dibandingkan dengan kebanyakan universitas terkemuka AS, tetapi jauh lebih tinggi daripada di tahun 1960-an dan 70-an. Mahasiswa jurusan bidang STEM tradisional memiliki tingkat kelulusan di bawah 70%.

Akademik

Institusi ini telah terakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges sejak 1949. Caltech memiliki sistem kuartal (caturwulan) tahunan: caturwulan pertama dimulai pada akhir September dan berakhir sebelum Natal, caturwulan kedua dimulai setelah tahun baru dan berakhir pada pertengahan Maret, dan kuartal ketiga dimulai pada akhir Maret atau awal April dan berakhir pada awal Juni.

Caltech berada di peringkat 1 internasional sejak tahun 2011 berdasarkan Times Higher Education World University Rankings, dan universitas ini juga menduduki peringkat sebagai universitas terbaik di dunia dalam dua kategori: Teknik & Teknologi dan Sains Fisika. Pada tahun 2012, Center for World University Rankings memberikan Caltech peringkat ke-5 di dunia dan ke-4 secara nasional dalam Surat CWUR World University Rankings.

US News & World Report meletakkan Caltech sebagai universitas terbaik ke-10 di Amerika Serikat pada tahun 2013 dalam peringkat perguruan tinggi nasional mereka, bersama-sama dengan Dartmouth College. Menurut U.S. News & World Report's Best Graduate Schools 2011, "Institut Teknologi Californiamenempati peringkat baru, dengan ‘top three’  jurusan atas dalam 3 kategori: kimia, ilmu bumi, dan fisika”.

Dewan Penelitian Nasional Amerika Serikat merilis penilaian terbaru dari Penelitian Program Doktor pada tahun 2010, dan 23 dari 24 program pascasarjana di Caltech masuk dalam peringkat 4 program negara sebagaimana ditentukan oleh peringkat R95 dan S95. Berdasarkan catatan khusus, program yang ditempatkan dalam 10% dari semua program didasarkan pada rata-rata urutan peringkat R95 dan S95 termasuk Aeronautics, Astrofisika, Biokimia dan Biofisika Molekuler, Bioengineering, Biologi, Teknik Kimia, Kimia, Teknik Elektro, Teknik dan Ilmu Lingkungan, Geologi, Geofisika, Material Science, Teknik Mesin, Fisika, Planetary Science, dan Ilmu Sosial (Ekonomi).

Pada tahun 2013, sebuah makalah yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Economics meletakkan Caltech pada peringkat 2 di AS (setelah Harvard) untuk mengungkapkan preferensi. Sampel dari penelitian ini adalah 3.240 siswa berprestasi (siswa peringkat dari sekolah menengah umum atau dari kelas SMA swasta). Peringkat didasarkan pada jumlah siswa yang diterima.

Meskipun tidak sebesar rival abadi, MIT, Caltech telah melampaui MIT dalam peringkat universitas versi THE 2013-2014. Caltech menempati urutan pertama level global, dan nasional. Namun dari subyek Technology, Caltech (peringkat 4) di bawah MIT (peringkat pertama), untuk subyek Life Science Caltech peringkat 7.

32 tokoh yang memperoleh Hadiah Nobel dan 25.000 gelar yang diberikan dalam 120 tahun, satu dari 1.000 lulusan adalah pemenang Hadiah Nobel.

nah, bagi kamu yang ingin kuliah diantara ke sepuluh universitas tersebut ayo berjuang..! 

Judul Ingin Kuliah Ke Luar Negeri? Ini 10 Universitas Terbaik Dunia + Biaya
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top