-->

Remote merupakan sebuah alat yang sepadu dengan televisi. Baik Layar Televisi sendiri, Receiver Digital, DVD/CD player. Postingan kali ini berawal dari pengalaman saya.
Remote yang tiba-tiba rusak dan televisi tidak respon, ketika keadaan seperti ini terjadi kita akan repot dan cukup kesusahan ketika sedang menonton, cara lain kita harus menggunakan tombol yang tersedia di box video receiver, padahal nonton merupakan aktivitas santai apalagi menonton show-show kocak yang bisa menghibur disaat penat.

Nah, kali ini saya akan coba ulas bagaimana cara memperbaiki remote televisi dengan mudah, tanpa harus memiliki pengetahuan elektronik, tetapi bukan berarti Anda nihil dalam pengetahuan mengenai elektro.
Untuk masalah-masalah kecil kita bisa memperbaiki secara manual, adapun masalah
  • Lampu dekat keypad menyala ketika menekan salah satu keypad di remote
Masalah ini mudah diatasi, berikut stepsnya:
  • Masukkan baterai yang masih berisi ke bak baterai
  • Siapkan sebuah HP, harus ada kamera
  • Kemudian arahkan bola lampu/sinyal lampu yang ada di ujung remote tepat di kamera HP dan kamera HP Anda sedang terpasang, Sekarang tekan salah satu tombol keypad remote sambil memperhatikan layar HP, jika lampu sinyal menyalah itu tandanya remote masih berfungsi dan masih mudah memperbaikinya. Lampu sinyal yang menyala tidak dapat dilihat langsung dengan mata telanjang, namun jika menggunakan kamera HP cahaya tersebut akan muncul dan tampak terang. Apabila lampu sinyal tidak menyalah, itu tandanya remote sudah harus di buang, karena butuh teknik elekto yang memperbaikinya, bahkan nyaris tidak bisa diperbaiki. Harga remote murah kok.
  • Untuk memperbaiki kasus ini mudah, Silahkan buka casing remote tersebut kemudian perhatikan bagian PCB, PCB remote yaitu papan mesin yang berada dalam remote, pada umumnya hanya ada satu PCB dalam remote. Coba dilap dengan baik PCB tersebut, bila perlu gunakan sedikit bensin melap dengan kain hal ini bertujuan supaya jenis debu penghambat jalannya mesin terangkat.
  • pasang kembali mesih, papan keypad, dan casing. Kemudian masukkan baterai kembali, coba ditest ke Digital Receiver, jika dengan kasus seperti ini seharunya remote sudah berfungsi.
  • Khusus untuk remote Jocker, untuk mengetes silahkan menekan dan menahan tombol "set" sampai channel berganti, jika sudha berganti berarti remote sudah dapat digunakan seperti biasanya.
  • Sejauh ini cara ini selalu berhasil, karena remote merupakan perangkat yang hanya menggunakan sinyal kecil dengan gelombang yang kecil pula.
Untuk masalah lain, yang sering sekali terjadi menjadi penyebab remote rusak yaitu, kristal 455Hz yang rusak, untuk kristal 455hz bisa dilihat seperti gambar dibawah,
Sumber romli.net
Jika yang rusak adalah bagian komponen ini mungkin Anda harus membeli yang baru dengan merk dan frekuensi yang sama, lihat sample pada badan komponen. Dan tinggal memasang kembali dengan solder.
Remote tidak memiliki banyak komponen, sehingga mudah untuk melihat masalah didalamnya.
Mungkin hanya segelintir ini saja postingan ini, jika Ada saran dan pertanyaan dari pengunjung saya akan update postingan ini dengan menambah tips-tips pada masalah lain, terimakasih semoga bermanfaat.

Judul Cara Mudah Memperbaiki Remote TV/Digital Yang Rusak
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top