-->

Hallo, salam hangat
Masih di ruang Motivasi dan Inspirasi Entrepreneur, ulasan kali ini mengenai sosok Chairul Tanjung seorang pengusaha sukses dan menjadi menteri perekonomian.
seorang Chairul pada masa kecilnya di panggil dengan sebutan Anak Singkong, panggilan ini kerap di ungkapkan sebagai gelar beliau karena Chairul Tanjung berasal dari kampung.


Ini adalah nama Suku Batak Mandailing; Marga tokoh ini adalah " Tanjung".
Chairul Tanjung(lahir di Jakarta, 16 Juni 1962; umur 52 tahun)
Namun, orang kampung ini memiliki jiwa bisnis yang kuat semenjak dia harus bertantangan dengan biaya kuliah yang sangat tinggi, tepatnya Fakultas Perekonomian, modal yang di gunakan Chairul Tanjung sendiri adalah merogoh uang saku, dan bukan dari pinjaman siapa-siapa ataupunn warisan dari orang tuanya. Bukan hanya itu, beliau juga pernah dinobatkan sebagai salah orang terkaya di Indonesia bahkan dunia. Sangat salut sekali ya membacanya? Semua itu dia dapat tentu ada proses, masalah, dan latar belakang yang harus dia hadapi :

A. Adanya Jiwa Ingin Berbisnis
demi mencukupi keperluan dan biaya sekolah (Universitas Indonesia), akhirnya timbul di hati Chairul Tanjung untuk membuat peluang usaha serta adanya dorongan karena ekonomi keluarga yang kurang. Langkah awal yang dia lakukan yaitu menjual buku stensilan dan kaos, ketika modalnya telah cukup akhirnya dia membuka usaha foto copy di dekat kampusnya. Dan bukan hanya itu saja, Chairu juga pernah membuka toko peralatan kedokteran dan laboratorium tepatnya di daerah senen, jakarta pusat. Giat sekali ya sob?

B. Pernah Mengalami Jatuh Bangun
saya rasa hampir semua pebisnis yang sukses pernah merasakan masalah besar ini, begitu juga dengan beliau. Bukan hanya sekali, dua, atau tiga kali seorang Chairul jatuh bangun dalam membangun semuah bisnis. Masalah itu beluai dapat saat dia harus menutup toko peralatan kedokteran dan laboratorium yang ternyata bangkrut. Bukan hanya itu, sebuah perusahaan PT. Pariarti Shindutama yang telah di rintisnya bersama tiga orang temannya juga harus di tutup dengan alasan perbedaan visi, OMG!. Pelajaran yang dapat kita petik dari seorang etrepreneur ini yakni, tetap berjuang dan pantang menyerah, dan kegagalan justru energi untuk semakin bertekad semakin sukses.

C. Chairul Menjadi Salah Satu Orang Terkaya
Selepas kegagalan dari PT. Pariarti Sindutama, beliau merintis bisnis baru yang terfokus dalam bisnis inti yakni, Properti, Multimedia, dan Keuangan. Karena berkat kelegitan bisnisnya, dia memulai langkah besar dengan mengakusisi Bank Karman menjadi Bank Mega, itulah cikal bakal yang akan membuatnya menjadi salah satu orang terkaya.

Di bawah Para Group, Chairul memiliki Para Inti Holdindo yang akan membawahi beberapa subholding yaitu Para Inti Propertindo (properti), Para Global Investindo (bisnis keuangan), dan Para Inti Investindo (bidang media dan investasi).
Sedangkan di bidang properti dan investasi sendiri, Grup Para membawahi Para Bandung propertindo, Para Bali Propertindo, Batam Indah Investindo, Mega Indah Propertindo. Pada awal 2010, Para Group membeli 40 persen saham Carrefour yang ditandatangani di Perancis pada tanggal 12 Maret 2010. Pada tanggal 1 Desember 2011, Para Group diganti menjadi CT Corp oleh Chairul Tanjung.
Pada tahun 2010 itu, Chairul Tanjung masuk menjadi salah satu orang terkaya di dunia asal Indonesia versi majalah Forbes. Pada tahun 2011, karena nilai kekayaannya yang mencapai 2,1 Milyar Dolas AS ini namanya dinobatkan Forbes di peringkat 11 orang terkaya di Indonesia. Kini, Chairul Tanjung dengan perusahaannya yang semakin melejit menempatkan dirinya di posisi 5 besar daftar orang terkaya di Indonesia.


D. Di Nobatkan Menjadi Menteri Perekonomian
ketika Chairul Tanjung sukses merambah dunia entrepreneur, ternyata kesuksesan itu mengantarkannya ke pemerintahan. Pada tanggal 16 mei 2014, Presiden Susilo Yudhoyono menunjuk atau memilih Chairul Tanjung menjadi menteri Koordinator di bidang Perekonomian dan menggantikan Hatta Rajasa yang telah mengundurkan diri. Berdasarka keputusan presiden no. 41 tahun 2014 Chairul Tanjung resmi di lantik Presiden di Istana Negara, pada senin, 19 mei 2014.

Sungguh luar biasa sekali ya sob perjuangannya...?
Bagi kita yang sedang merambah dunia entrepreneur atau bahkan masih pemula, jadikanlah sosok Chairul Tanjung menjadi motivasi dan inspirasi kesuksesan anda, semoga teman-teman semua akan sukses di hari kedepan, saya tunggu ya nama-namanya, mudah-mudahan saya juga demikian, latar belakang saya sama seperi Chairul :)

Judul Kisah Inspiratif Dari Chairul Tanjung si Anak Singkong Menjadi Pengusaha Sukses dan Menteri
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top