-->

Klik Enjoy Blog
hallo semua...
Ini postingan pertama saya yang mengulas general blogging. Postingan kali ini saya akan mengulas apa peluang usaha dari tanaman tebu.
Tebu merupakan tanaman yang menyediakan bahan makanan pada batang, bahan makanan ini berasa seperti air gula. Air gula ini dapat kita makan langsung atau diminum setelah diambil dari kebun tebu. Kebetulan di tempat saya juga ada sebidang kecil kebun tebu milik kami sendiri. Apakah anda juga punya?


Jika ya alangkah menguntungkannya jika kita membudidayakan tanaman tebu dan kita olah sendiri sebagai penghasil uang.

Apa saja peluang usaha yang menguntungkan dari tanaman tebu? :
1. Membuat Es Tebu
Tanaman tebu dapat anda jadikan sebagai peluang usaha yaitu minuman es tebu, minuman es tebu merupakan minuman segar yang laris dikalangan masyarakat, karena es tebu terbuat dari bahan alami tanpa ada tambahan lain yang diproduksi sebagai penambah rasa, misalnya pemanis, soda, asam sitrat, dll. apalagi jika ditambah dengan es pasti menyegarkan.
Saya juga pernah membeli minuman ini, segar rasanya...
Untuk memproduksi es tebu sendiri, anda perlu alat tambahan yaitu mesin pemeras tebu khusus. Bisa anda beli ditoko mekanik terdekat, harganya tidak mahal kok.. Sekitar Rp 600.000 an, (pernah tanya penjual es tebu)
diperkirakan es tebu alami dapat anda jual Rp 5000 per gelas ditambah es batu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda harus menanam banyak tebu dirumah, pembudidayaan tanaman tebu adalah pekerjaan ringan, anda hanya membuat lubang kecil dan memasukkan pucuk pohon tebu. Menanam satu batang pucuk tebu, bisa menghasilkan 10 batang tebu. Kira-kira 2 bulan tebu sudah bisa dipanen. Dan siap diproduksi..
Atau jika tidak mempunyai lahan, anda boleh membeli tebu dari petani dengan harga murah.

2. Membuat Gula Merah
kalau yang ini kita membutuhkan beberapa alat penting untuk pembuatan gula mera dari air tebu. Seperti :
*. Mesin penggiling
*. Mesin pemeras (alat manual juga boleh)
*. Tunggu pemasak
*. Kuali Besi berukuran besar
*. Sendok penyodok
*. Tuangan dari pohon bambu atau tempurung juga boleh, asalkan wadah untuk ukuran seberat 1/4, 1/2, dan 1 kg. Atau wadah lainnya yang cocok untuk pencetakan gula merah.
Proses pembuatan gula merah dari tebu kurang saya tahu, namun saya pernah bertanya kepada kakek saya proses pembuatan gula merah dari tebu katanya hampir sama dengan pembuatan gula merah dari nira (air enau).

Mungkin hanya kedua hal ini yang dapat saya ulas tentang peluang usaha dari tanaman tebu. Semoga bermanfaat, dan semoga sukses pembuatannya..

Judul Manfaatkan Tanaman Tebu Sebagai Peluang Usaha
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top