-->


mencari suplier yang tepat
Supplier

Demi memaksimalkan penjualan menuju kesuksesan dalam sebuah ecommerce kita perlu mencari suplier (pemasok barang) yang handal, lengkap, dan update. Disini saya tidak berkata bahwa mencari suplier itu adalah perkara yang mudah, karena suplier sendiri juga sangat kritis dalam ikut bekerja sama dengan toko online Anda sementara disamping itu Anda sendiri juga dalam posisi kritis juga dalam memilih supliernya.

Sebenarnya saya tidak begitu mendapat pengalaman hebat dalam pratikum mengelola toko online, karena memang jenis bisnis saya ini masih pada pada tahap berkembang, walaupun secara teori saya memiliki list tugas yang harus saya lakukan pada semua usaha-usaha saya dimana list tersebut mungkin mampu menjadikan usaha saya lebih melambung.
Lazada, tokopedia, blibli, dan ecommerce lainnya bisa cepat meroketnya tentu karena suntikan dana dari pada investor yang banyak serta sodoran dengan nominal yang banyak pula.
Mengapa saya berbicara soal dana dimana dengan dana tersebut bisa menjadikan usaha kita besar?.
Jika kamu mengetahui sedikitpun mengenai bisnis, Anda pasti tahu bahwa dengan dana yang besar kita bisa membangun sebuah usaha yang besar pula. Didalam bisnis online yang saya samplekan sebagai contoh misalnya toko online, untuk menghasilkan profesionalisme dan kredibilitas yang tampak kita membutuhkan dana untuk menyewa hosting dan domain, kita butuh dana untuk membeli template premium yang berkualitas atau menyewa desaigner website, kita juga butuh dana untuk tracking promosi entah itu melalui periklanan atau mencari jasa SEO.
Jadi, dana itu adalah main idea!!.

Nah, kembali ke topik utama kita tadi, dalam mencari suplier.
Sebelum Anda melangkah ingin mencari suplier ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan yaitu:

Memperhatikan Kelengkapan Dalam Toko Online Anda
Kelayakan, Kelengkapan Fasilitas toko sangat penting Anda perhatikan dahulu agar suplier dan Anda mudah bersosialisasi mengenai kerja sama bisnis ini. Secara fisik perhatikan kelengkapan toko Anda yaitu Website toko sudah siap beroperasi, telah memiliki ruang suplier yang nyaman dan mudah dinavigasi, sistem pembayaran, fasilitas pengunjung, dan apapun juga yang telah Anda rancang sesuai target Anda dalam mengelola bisnis tersebut. Serta pastikan juga mengenai konsep perbelanjaan didalam toko Anda, mengenai penetapan produk yang ingin dijual atau mungkin Anda ingin membangun sebuah market place? Semua harus Anda perhatikan ya..

Setelah kelengkapan toko online Anda sudah dirasa cukup mumpumi untuk diisi produk, memasarkan, dan memulai bisnis maka mulailah mencari suplier.

Mulai Mencari Suplier

Saya kira sangat banyak kok suplier atau pemasok barang, Anda bisa mencari dengan bantuan google. Selain itu silahkan kunjungi toko online yang sudah beroperasi saat ini seperti tokopedia, elevenia, lazada, mataharimall, dan lain-lain, kemudian pergi ke laman penjual tersebut (pasti ada), perhatikan reputasi penjual tadi, semakin tinggi semakin baik pelayanannya, selain itu juga silahkan cek reviews pada produknya, dan juga chatting pelanggan kepada penjual tadi apabila dinilai positif maka sangat baik jika kita menjadikannya sebagai list calon suplier.

Tetapi perlu juga diketahui, apabila Anda mencari suplier melalui ecommerce saran saya jangan dulu mencalonkan penjual yang sudah mapan atau terlihat mapan, misalnya barangnya laris dan reputasinya sangat baik. Karena suplier yang seperti ini cukup sulit diajak bekerja sama kepada toko online baru apalagi jika toko online Anda masih kalangan personal dan belum elite! Jadi pending dulu, silahkan pilih suplier yang sedang-sedang saja yach!

Mencari Suplier Secara Offline
Walau sangat banyak dan mudah untuk menemukan suplier didunoa online, melalui offline juga boleh Anda coba. Silahkan pergi ke sebuah toko yang tebilang besar semisal toko sepatu, baju, elektronik, dan lainnya, apalagi jika Anda tinggal di kota yang terbilang kabupaten pasti penduduknya tidak banyak sekali. Silahkan tawarkan kerja sama kepada grosir-grosir tersebut untuk ikut menjual produknya secara online dan pastikan dia mau shipping keseluruh Indonesia.
Saya kita suplier yang seperti ini lebih organik daripada kita mencari suplier secara online yang belum tentu produknya ada, terjamin, atau real, atau bahkan suplier bisa nakal.

Perlu Bersosialisasi Dengan Calon Suplier
Sebelum jalinan kerja terjadi, saat Anda menemukan suplier silahkan bersosialisasi dengannya, seperti indentifikasi brand atau produk terkenal, apa produk yang ingin kita jual dan pasarkan di toko online kita, serta bersosialisasi juga mengenai sistem payment yang terjamin dan aman. Ini merupakan rapat yang penting, setelah semua dirasa cukup berimbang maka saatnya suplier dan penjual melakukan aksi!.

Menghadirkan Suplier Dengan Meningkatkan Reputasi Dan Popularitas Toko Online
Apabila toko Anda tengah berhasil dan aktif bertransaksi, itu tandanya toko Anda semakin dilirik masyarakat dan pengguna akan memperbincangkan toko Anda dimedia-media diInternet. Jika Anda mau silahkan mempromosikan toko Anda melalui media-media periklanan entah itu PPC, Adwords, dan lainnya semakin luas pekenalan toko Anda maka semakin memungkinkan suplier-suplier lain melirik toko Anda, maka untuk itu tingkatkan penjualan Anda dan ajak suplier melakukan pelayanan yang baik kepada pembeli.

Judul Cara Mencari Suplier/Pemasok Barang/Produk Toko Online Anda
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1201 Ulasan

0 Tanggapan:

Post a Comment

Warning!
1. Dilarang komentar diluar topik (OOT) Out Of Topik
2. Dilarang menyisipkan link mati atau link hidup
3. Komentar yang tidak disukai admin akan di hapus

 
Top